RSS

Arsip Kategori: Uncategorized

Mari Menebar Kebaikan

Abis nonton acara inspirasi jalanan di tvone. Bintang tamu Bpk. Jusuf Hamka dan Bpk. Endang. 2 orang luar biasa yg patut dijadikan inspirasi. Bpk. Jusuf Hamka ini punya warung nasi. Jual nasi kuning harga Rp 3.000, supaya semua orang bisa beli. Niatnya membantu sesama.

Terua ada pertanyaan, kenapa milih jualan nasi pak?

Kata bapaknya klo ngasih sembako hanya bantu beberapa hari, klo jualan nasi in sha Allah bisa bantu tiap hari. Bisa ngeringanin biaya hidup mereka tiap hari. Terus kenapa nasi kuning? Karna dulu ibunya juga penjual nasi kuning di Samarinda.

Pertanyaan lain, klo emang mau bantu kenapa ga digratisin aja sekalian pak?

Kata bapaknya kadang klo digratisin orang suka gengsi. Selain itu juga ga digratisin supaya mendidik. Saling berbagi. Ada bapak2 tua lgi ngumpulin uang receh buat bayar, sebelahnya bapak2 yg juga kekurangan, bilang “ini saya ada lebih buat bapak ini aja”. Maaann.. #speechless

Yg ke 2 Bpk. Endang. Profesi ojek online. Sampingan pengelola pesantren tahfiz Qur’an. How amazing! Klo dihitung secara matematika ga akan ketemu tuh gimana bagi pendapatan untuk memenuhi kebutuhan pesantren sama keluarga. Tapi Allah maha Melihat. Pak Endang niatnya baik, jadi diberikan kemudahan. Rejeki ada aja dari mana-mana. Kata Pak Endang ada rejeki yg tidak terduga, ada rejeki yg terduga.

Begitupun dengan Pak Jusuf banyak orang dateng bukan mau makan nasi kuning, tapi mau ikut sedekah.

Masha Allah.. yuk kita mulai menebar kebaikan. Bingung mulainya dari mana? Mulai dari hal-hal kecil aja. Pungut sampah di jalanan, bantuin tetangga. Mulai dari hal kecil dan mulai dari sekarang

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 Mei 2018 in Uncategorized

 

Bagaimana Bersikap Menurut Al-Qur’an

Assalamu’alaikum

Puasa pada ngapain aja nih kegiatannya? Klo lagi bingung mau ngapain, belum ada kegiatan seru yang mau dilakuin, sok lah baca postingan gw kali ini. Hehe

Ceritanya gw abis nonton lecture-nya Ust. Nouman Ali Khan yang judulnya context and meaning in the Quran. Di situ ngebahas ayat 36 dari surat Al-Israa(17). Bunyi lengkap ayatnya sbb :

20180519_011512.png

yang gw tangkep pesannya adalah persepsi lu itu kebentuk awalnya dari pendengaran. Informasi yang lu dapet dari pendengaran itu, mempengaruhi cara pandang lu terhadap sesuatu. Cara pandang lu mempengaruhi emosi/perilaku/tindakan lu. Contoh lu Islam, lu belajar Al-Qur’an. Ketika lu liat tanah yang tandus bisa menumbuhkan rumput dan tanaman, itu mengingatkan lu bahwa kita itu suatu hari juga akan dibangkitkan kembali dari kubur. Klo lu ilmuwan, bukan muslim, klo lu ngeliat pohon persepsi lu beda lagi. Lu bisa tau spesiesnya, usianya, dll. Fokus lu beda, sudut pandang lu beda. Karna informasi yang lu dapet berbeda. Itu kenapa pendengaran mempengaruhi sudut pandang lu terhadap sesuatu.

Terus di Qur’an juga ada disebutin tuh “.. punya telinga tapi tak mendengar..” maksudnya lu denger terjemahan Qur’an tiap hari, tapi ga ada yang berdampak terhadap cara pandang dan emosi lu sehari-hari. Cara pandang dan emosi lu ga berubah sesuai dengan apa yang lu dengerin (Al-Qur’an)

“.. punya mata tapi tidak melihat..” artinya dia ga dapet informasi dari Qur’an. Jadi pas dia liat pepohonan, tanaman ya dia ngeliatnya biasa aja. Pas dia liat pepohonan itu ga bisa jadi pengingat akan hari dimana lu akan dibangkitkan lagi dari kubur. Karna dia ga dapet informasi tentang itu.

Terus setelah pendengaran mempengaruhi cara pandang, cara pandang lu mempengaruhi emosi lu. Misal, lu pernah slek sama 1 orang. Bawaannya tuh apa aja yang dia lakuin itu negatif di mata lu. Bahkan ketika dia ngucapin salam, lu mikirnya “ah pasti dia cuma basa basi biar keliatan baik, dll” atau setiap dia ngomongin apa gitu yang negatif, lu langsung mikirnya “itu pasti yang dia maksud gw tuh.   Gw tau banget”

Ketika kita ga banyak berinteraksi sama Al-Qur’an, cara pandang kita terhadap segala sesuatu yang ada di dunia ini akan ga sesuai dengan apa yang diharapkan di dalam Al-Qur’an. Dengan kita banyak denger Al-Qur’an, diharapkan cara pandang kita dan emosi/tindakan/perilaku kita itu sesuai dengan apa yang Allah perintahkan di dalam Al-Qur’an. Itu kenapa kita diperintahkan untuk solat 5 waktu. Supaya kita dapet “asupan” Al-Qur’an yang cukup dalam sehari untuk maintain cara pandan dan emosi kita tetap di jalur yang sesuai dengan Al-Qur’an.

Bagian awal dari ayat itu berbunyi “Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui” maksudnya lu harus tau banget sehingga lu bisa menjelaskan kenapa lu harus solat, misalnya. Jangan cuma solat karna semua orang islam solat, karna katanya solat itu kewajiban, karna katanya klo ga solat lu dosa. Lu harus tau banget ilmunya. Contoh lain lu ngutip ayat ini atau hadist ini buat ngasih nasehat ke orang lain, tapi lu ga bener-bener paham maksud ayat itu apa, konteks nya ayat itu seperti apa. Kapan diturunkannya, ditujukan buat siapa, kondisi pada saat ayat itu diturunkan seperti apa, dll. Ini penting banget sih menurut gw. Karna ini akan dimintakan pertanggungjawabannya di akhirat kelak dan ketika lu ga tau konteksnya, ketika informasi yang lu dapet ga lengkap, pemahaman lu tentang ayat itu bisa jadi salah. Misal, lu denger sekilas percakapan 2 orang, yang lu denger ada yang bilang “gw tusuk nih” terus lu langsung mikir “waduh, bisa ada pembunuhan nih, mesti gw laporin pak RT” padahal lu ga tau apa yang sedang mereka bicarakan, lu ga tau klo sebenernya mereka lagi mau bikin sate. Bahaya kan? Penting banget kan paham tentang konteksnya?

Eits, tapi jangan takut buat share kebaikan. Nasehat umum kaya berbuat baik, sabar, menghormati, menyayangi, itu bisa lu share seluas-luasnya 😁

Yang jangan juga lu lakuin adalah menghujani orang yang lu sayang yang lu pengen ajak berubah dengan ayat-ayat Al-Qur’an atau kutipan-kutipan ceramah. Itu annoying bro.. orang jadi males duluan karna elunya terlalu menghujani dengan yang begitu-begitu. Orang bisa jadi sentimen/ga suka sama ustad “A” karna lu suka ngutip ceramah-ceramahnya beliau buat lu jejelin ke orang-orang yang pengen lu ajak berubah. Orang malah jadi makin males berubah gaes, klo cara lu kaya gitu.

Hal lain lagi nih yang sebaiknya ga kita lakukan adalah ngomong atas nama orang lain. Misal, klo bokap lu masih ada, dia pasti bakal ngelakuin hal yang sama. Padahal lu ga tau persis kaan apa yang akan terjadi seandainya bokapnya dia masih ada? Yang parahnya lagi sampe bilang “lu bakal masuk neraka lu” what??? Urusan surga dan neraka itu rahasia Allah. Kita ga pernah tau akan seperti apa akhirnya kita nanti.

Ayat sebelumnya (35) berbunyi :

20180519_011600.png

Artinya lu harus bersikap adil dalam berbisnis. Ayat 36 merupakan perluasan dari ayat 35 tentang belaku adil. Ayat ini juga menyuruh bersikap adil, Adil tentang bagaimana kita memperlakukan orang lain, adil tentang pemikiran kita mengenai orang lain.

Ayat setelahnya (37) berbunyi :

20180519_011445.png

Jangan jadi orang yang arogan (sombong). Arogan itu ketika lu merasa biasa aja bersikap ga adil, ketika lu ga berhati-hati terhadap apa yang lu denger, yang mana itu bisa mempengaruhi cara pandang lu dan cara lu bersikap, lu akan jadi mudah nge-judge orang, lu akan merasa yang paaling bener, ga peduli pendapat orang lain.

Kita ga boleh ngikutin apa kata orang tanpa tau apa-apa. Karna ada orang yang ngomong atau ngasih tau hal-hal yang ga bener alias nyebarin hoax atau gosip atau kabar burung. Yang nyebarin hoax dan kita yang ngikutin dua-duanya salah. Kita harus cari tau dulu kebenaran informasinya sebelum kita ikutin sebelum kita sebarin. Terus klo di suatu moment ada keluarga atau temen atau sodara kalian yang ngelakuin itu, jangan langsung disuruh baca blog gw 😁 alihkan aja topik pembicaraannya, supaya dia ga nyebarin hoax dan supaya kita juga ga terpengaruh dan jadi ngikutin (btw ini sunnah dari Aisyah ra). Karna kadang orang ngomong kaya gitu secara ga sadar.

Sekian tulisan gw kali ini. Semoga kita menjadi orang yang lebih berhati-hati terhadap apa yang kita dengar dan semoga kita bisa berlaku adil. Amiin

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 Mei 2018 in Uncategorized

 

Hallo semuaa..

Saya ga mau basa basi, karna gabisa juga. Jadi, dari pada garing dan pembacanya keburu kabur, mendingan langsung aja ya..

Kali ini saya mau membagian pengalaman saya menggunakan paypal.

Awalnya saya pake paypal karena iseng dan coba-coba, uang saya pun tertahan di paypal selama bertahun-tahun. Tapi suatu pencapaian di tahun 2017 ini, saya bisa mendapatkan kembali uang saya yang sudah tertahan selama bertahun-tahun di paypal.

Ok, sekarang cerita dulu ya, gimana awalnya saya pake paypal. Awalnya, saya ini dulu K-popers bingitss. Nah, berawal dari suka K-pop, saya jadi lebih sering interaksi dengan inernet, saya jadi suka jualan iseng-iseng. Waktu itu jualan album lagu korea. Terus, karena K-pop juga, saya kenal teman dari berbagai negara, salah satunya HongKong. Saat saya mulai jualan, temen saya yang dari HongKong mau menunjukkan supportnya dengan membeli album K-pop dari saya, walaupun kondisinya saat itu, harga album = ongkirnya. haha.. dan padahal dia juga bisa dapetin album itu di negaranya sendiri. Tapi sebagai bentuk supportnya, jadi lah dia beli album itu dari saya. So Sweet^^

Terus saya bingung nih, gimana cara dia bayarnya ya? transfer bank biasa saya nggak ngerti. karena waktu itu suka K-pop, jadi suka buka-buka web jual beli internasional, walaupun ga pernah beli, karena ga tau gimana cara pemabayarannya dan mahal pula. dari situ saya kenal satu cara pembayaran yang sering digunakan untuk transaksi internasional, yaitu PayPal. Modal nekat, saya buat akun, saya minta teman saya melakukan pembayaran menggunakan paypal. setelah dia bayar, saya liat saldo di account paypal saya bertambah, saya seneng plus bingung. Terus gimana cara saya narik uang saya dari PayPal?? Saya baca-baca artikel, katanya harus verify account paypal menggunakan credit card atas nama sendiri. saat itu saya masih kuliah, belum punya penghasilan, belum bisa bikin credit card. Cari-cari cara lain, ada yang bilang bisa pake VCC alias virtual credit card. Tapi saya juga ga ngerti gimana. Yaudah, pasrah, sambil liat itu saldo berkurang karena kelamaan mengendap di PayPal.

Akhirnya setelah beberapa tahun bekerja, saya memutuskan untuk membuat credit card. tujuannya untuk ngambil uang saya di PayPal. Sambil menunggu proses pengajuan credit card, saya iseng-iseng buka PayPal dan pilih untuk ambil dana di akun PayPal saya ke rekening bank lokal. Terus ada keterangannya, bahwa proses akan berlangsung sekitar 2 – 4 hari kerja. Nah, saya kaget dong, loh kok bisa diproses?? padahal dulu mesti verified account dulu, baru bisa transaksi ambil atau kirim uang. Saya langsung cemas, karena saya baca kalau gagal atau bank penerima menolak atau tidak mendukung transaksi ini, maka dana akan dikembalikan ke akun PayPal dan dikenakan biaya pengembalian. teruuss.. saya langsung contact PayPal by email.

Email PayPal

 

yang saya salut dari aplikasi-aplikasi luar negeri seperti PayPal dan Uber adalah customer service mereka responsif dan solutif. Kalau di Indonesia masih terbilang lambat dan kadang kurang solutif. Hal ini terlihat dari saya kontak beberapa bank yang saya punya rekening di sana untuk mengetahui apakah rekening tabungan saya (debit card) bisa digunakan untuk transaksi PayPal? dan semuanya bilang tidak bisa, ada yang jawabannya tidak yakin, meskipun saya sudah menunggu cukup lama, tetapi jawaban yang diberikan tidak memuaskan. Ada juga yang terkesan tidak tahu atau tidak familiar dengan PayPal. Saya tambah panik dongg.. tadinya saya sudah berpikir yasudah deh, pasrah aja. Sampai di hari ke-4 saya cek rekening tabungan saya daaaannn… bertambah! artinya transaksi penarikan dana saya dari akun PayPal ke rekening tabungan di bank lokal berhasil. Alhamdulillah.. rejeki anak solehah. hehe

 

IMG_20170124_073153_096

 

Sekian pengalaman saya menggunakan PayPal. kalau mau sharing-sharing soal PayPal silahkan komen di bawah ya^^

 

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 April 2017 in Uncategorized

 

[Trans] 131107 Jaejoong Weibo Global Chatting

They always have many ways to keep in touch with their fans eventhough they’re not allowed to perform on TV. SMART!!!
and I think it’s more intim and comfortable than having a talkshow in TV. More private ang more fun. coz fans around the world can participate. keep doing things like this. and get closer to your fans^^

fashion follows yoochun

T/N: This post consists of the Weibo posts from the Global Chatting session Jaejoong had with Chinese fans. Posts are in chronological order top-down:) All posts were made in Chinese unless otherwise stated:) p.s. the Chinese fans really do type “oppa” in Chinese 😛

(2.49pm KST, Korean & English) Everyone I’m here!!! are you ready???

(3.01pm KST) Hello everyone in Beijing~ Hello everyone in Shanghai~ Is everyone else well too?

(3.01pm KST) How’s the weather in China? The weather in Korea today is especially good

(3.01pm KST)  Let’s begin~~~~!

(3.02pm KST) Have you guys heard the title track?

Lihat pos aslinya 889 kata lagi

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 11 November 2013 in Uncategorized

 

Sporty Flat Shoes

Mungkin kamu sering merasa capek, pegel, atau sakit saat menggunakan flat shoes untuk jalan-jalan jauh atau keliling mall atau pusat perbelanjaan lama-lama. Untuk menyiasatinya, kamu bisa pake sporty flat shoes supaya kaki kamu terasa lebih nyaman saat dipakai berjalan jauh dan bikin kaki kamu ga lecet. berikut ini saya mau rekomen model-model sporty flat shoes yang nyaman dan tetap trendy…

 

GambarGambarGambar

 

ada yang cocok buat kamu yang punya kaki thin (ga lebar) :

GambarGambar

 

atau model yang kaya gini??

GambarGambarGambarGambarGambar

 

Gambar

 

 GambarGambarGambar

 

 

atau yang ada tali perekatnya di atas kaya gini :

GambarGambarGambarGambarGambarGambar

 

mau tetep yang ada heels-nya juga bisa koq

Gambar

 

sayangi kakimu^^

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 Oktober 2013 in Uncategorized

 

Model Batik Modern

waahhh.. udah lama ga ngepost sesuatu. Batik lagi ngehits banget nih. Tapi kadanga kita anak muda suka bingung mau pake batik yang gimana supaya kesannya ga tua. Kali ini saya mau share model-model batik modern yang bisa jadi inspirasi kita..

 

pertama rok batik. kamu bisa bikin rok batik pendek atau panjang seperti ini :

Gambar

 

 

 

Gambar

 

 

 

rok batik bisa kamu padu padankan dengan atasan polos + aksesoris, biar makin chic seperti berikut :

Gambar

 

 

atau kamu bisa pake mini dress yang lucu kaya gini :

GambarGambarGambarGambarGambar

 

bisa dipake buat acara santai atau pesta.

 

kalo mau long dress juga bisa. kaya gini nih..

Gambar

 

klo buat acara-acara yang lebih resmi, bisa pake model ini :

GambarGambarGambar

 

atau mau pake rompi/bolero yang simple

Gambar

 

That’s it. semoga bermanfaat^^

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 19 Oktober 2013 in Uncategorized

 

Tag: ,

Blazer Wanita

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 September 2012 in Uncategorized

 

Tag: ,